Bocoran rahasia iOS 17 Dan Seri iPhone Yang Dapat Update

 


WWDC 2023 akan berlangsung pada tanggal 5 Juni. Di acara itu Apple biasanya mengumumkan berbagai versi baru sistem operasi mereka, termasuk untuk iPhone. Saat ini bocoran iOS 17 mulai beredar di jagat maya.

Ada beberapa rumor iOS terbaru yang menarik, termasuk seri iPhone yang dapat update nantinya. Penasaran seperti apa rumor yang akhir-akhir ini viral di internet? Yuk, kita simak bareng-bareng.

Bocoran iOS 17 Soal Pembaruan Fitur

Dalam beberapa tahun terakhir ini kita sudah melihat beberapa pembaruan di iOS yang menarik. Seperti di iOS 15, ada fitur Focus, Ringkasan Pemberitahuan, atau perubahan tampilan Safari. Lalu di iOS 16, kita melihat Lock Screen iPhone baru, bisa copy seleksi gambar, atau Continuity Camera untuk dipakai bersama Mac.

Nah, saat ini sudah ada beberapa rumor dan bocoran yang menyinggung soal pembaruan atau perubahan fitur yang dimiliki oleh iOS 17.

Rumor Perombakan Aplikasi

Rumor ini dibeberkan oleh LeaksAppleProLeaker tersebut mengatakan kalau iOS 17 saat ini punya nama kode ‘Dawn.’

LeaksApplePro menyebut kalau iOS 17 kemungkinan tidak bakal mengemas banyak perubahan visual. Kabar ini cukup masuk akal, karena sebelumnya Apple memang dikabarkan mengalihkan mayoritas sumber dayanya untuk fokus ke mix headset reality.

iOS baru digadang-gadang siap menyajikan pembaruan besar pada aplikasi Music, terutama dalam hal navigasi. Selain Music, beberapa aplikasi lain juga disebut akan mendapat perombakan, seperti aplikasi Home, Find My, Mail, Reminders, Files, Fitness, dan Wallet.

iOS 17 juga diprediksi akan memperkenalkan aplikasi baru untuk mendukung headset AR/VR Apple. Walaupun belum ada banyak detil, tapi kabarnya aplikasi ini bisa dipakai untuk mengutak-atik pengaturan headset sambil menyesuaikan pengalaman penggunaannya.

Sehubungan Dengan Fitur iPhone 15 Series

Di sisi lain, ada bocoran dari kode sistem operasi iOS 17 yang mengungkapkan sedikit informasi soal iPhone 15 Series.

Kalau informasinya akurat, semua model iPhone 15 akan menampilkan fitur Dynamic Island dan USB Type-C. Tapi mungkin cuma seri Pro saja yang bakal mendukung USB Type-C yang lebih cepat. Sedangkan model standar akan pakai USB Type-C biasa.

iphone 15 usb-c
Colokan USB-C di iPhone 15 (gambar: unknownz21 | Twitter)

Apple juga diduga akan memberikan fitur eksklusif untuk seri iPhone 15 yang paling tinggi. Fitur itu adalah perangkat lunak pengolah gambar yang lebih canggih. Hal ini dilakukan untuk membedakan fitur antara iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max (atau iPhone 15 Ultra).

Perubahan Control Center

Bocoran berikutnya cukup senada dengan apa yang disebut oleh LeaksApplePro, bahwa Apple hanya akan fokus pada peningkatan performa dan stabilitas OS. Tapi di samping itu disebutkan kalau akan ada perubahan pada Contol Center (Pusat Kontrol) iPhone.

Seperti kita ketahui, Control Center berisi berbagai tombol dan tuas pengaturan cepat, seperti Wi-Fi, Bluetooth, kecerahan layar, volume, kunci rotasi layar, dll. Fitur ini sudah hadir sejak iOS 7. Namun sejauh ini Control Center hanya mendapat pembaruan yang minimal. Seperti penambahan fitur.

Sayangnya, belum ada bocoran lebih jauh perubahan seperti apa yang akan hadir di Control Center iPhone. Lalu, rumor ini juga baru berasal dari satu sumber, belum disebut oleh para leaker populer.

Rumor iPhone Yang Dapat Update

Tiap smartphone sudah lazim mendapat batasan dukungan update sistem operasi. Sehubungan dengan iOS terbaru, ada dua rumor yang cukup kontradiktif soal iPhone yang dapat update.

Rumor pertama menyebutkan kalau Apple tidak akan memberikan update iOS terbaru pada iPhone yang memakai chipset A11 Bionic atau yang lebih lama. Artinya, iPhone X, iPhone 8, dan iPhone 8 Plus sudah tidak akan menerima update iOS 17.

Tapi kemudian muncul rumor lain yang menyanggahnya. bocoran ini mengatakan kalau iPhone yang bisa menerima iOS 16 juga akan mendapat update versi berikutnya. Dengan begitu, iPhone X, iPhone 8, dan iPhone 8 Plus masih akan menerimanya.

Biasanya, sebuah seri iPhone bisa mendapat update sistem operasi sampai selama 5 tahun dan masih akan menerima pembaruan untuk keamanan dalam beberapa tahun kemudian. Sebagai contoh, iPhone 7 dan iPhone 7 Plus sudah tidak mendapat iOS 16. Jika hal ini berlaku, maka rumor pertama memang benar.

svg%3E
Bocoran iOS 17 Dan Seri iPhone Yang Dapat Update

Tapi di sisi lain, dukungan update iOS bisa lebih lama lagi. Contohnya iPhone 6S (rilis 2015) masih mendapat updateiOS 15 di tahun 2021. Jadi sekitar 6 tahun. Kalau iOS 17 memang lebih fokus pada peningkatan performa dan stabilitas sistem operasi, maka rumor kedua bisa benar.

svg%3E
Bocoran iOS 17 Dan Seri iPhone Yang Dapat Update

Yah, perbedaannya memang hanya satu tahun. Tapi jika update iOS 17 hadir di iPhone X, iPhone 8, dan iPhone 8 Plus, maka pemiliknya masih punya waktu untuk membeli iPhone yang lebih baru.


Rumor soal iOS 17 memang masih belum banyak beredar. Mungkin nanti semakin mendekati WWDC 2023 rumor akan semakin banyak. Jadi kita tunggu saja akan seperti apa iOS terbaru ini dan apa saja iPhone yang dapat update.

Baca Juga
Tedbree Logo
RHMN ID FIXER Biasanya membalas dengan cepat
Halo, Ada yang bisa kami bantu? ...
Kirim