Kabel Lightning Terbaik untuk iPhone dan iPad

 


Semakin banyak perangkat Apple yang dilengkapi dengan kemampuan pengisian daya nirkabel atau USB-C, tetapi banyak—termasuk iPhone, iPad, AirPods, Magic Keyboard, dan lainnya yang lebih lama—masih menggunakan port Lightning milik perusahaan tersebut.

Masalahnya adalah kabel Lightning Apple terkenal tipis, dan harganya lebih mahal daripada banyak kabel pihak ketiga—bahkan kabel yang telah disertifikasi Apple akan berkinerja sama baiknya dengan kabel buatannya sendiri.

Jika Anda tidak puas dengan kabel yang disertakan dengan perangkat Apple Anda, atau jika Anda hanya menginginkan cadangan, kami telah menguji lusinan kabel Lightning untuk menemukan opsi terbaik untuk berbagai kebutuhan.

Siapa yang harus membeli ini: Seseorang yang menginginkan kabel yang panjang dan tahan lama untuk mengisi daya iPhone, AirPods, dan perangkat bertenaga Lightning pra-2023 secepat mungkin secara fisik.



Mengapa hebat: Pertama dan terutama, Kabel USB-C ke Lightning Anker PowerLine II (10 kaki) hebat karena mendukung kecepatan pengisian tercepat. Saat dipasangkan dengan port USB-C yang mengeluarkan daya setidaknya 18 watt—seperti yang ada di banyak laptop, power bank, dan pengisi daya dinding favorit kita—PowerLine II dapat mengisi daya sebagian besar iPhone hingga tiga kali lebih cepat daripada kabel USB-A ke Lightning.

Dengan pengisi daya dinding yang cukup kuat, ia dapat mengisi daya baterai iPhone 8 atau yang lebih baru dari benar-benar mati hingga 50% dalam 30 menit, sedangkan kabel dan pengisi daya standar Apple dapat mengisi daya hingga hanya 17% dalam jangka waktu yang sama (seperti yang kami temukan dalam pengujian yang kami lakukan dengan iPhone XR). Baterai terisi daya dengan kecepatan yang tidak konstan, tetapi angka ini secara kasar setara dengan pengisian daya ponsel penuh dalam waktu satu jam, berbeda dengan tiga jam.

Kabel ini bersertifikasi MFi, jadi Apple telah mengonfirmasi bahwa kabel ini akan bekerja secara optimal (dalam hal kemampuan pengisian daya dan transfer data) dengan perangkat bertenaga Lightning. Kabel Lightning yang tidak memiliki sertifikasi ini—seperti yang mungkin Anda beli di pom bensin—tidak selalu jauh lebih murah, dan dengan kabel tersebut, Anda berisiko mengalami pengisian daya yang lebih lambat atau bahkan merusak perangkat Anda.

Selubung karet yang membungkus PowerLine II halus namun kuat, dan cukup tahan lama, bertahan setelah lebih dari setahun pemakaian dan sobek setiap hari dalam pengujian kami. Ketika kami menyambungkan kedua ujung setiap kabel ke berbagai perangkat, kami mengamati goyangan yang minimal; stabilitas tersebut memastikan koneksi yang solid untuk pengisian daya dan transfer data.

Rumah kabel—bagian yang menghubungkan colokan logam ke badan kabel—adalah yang paling kokoh dan paling nyaman untuk digenggam dari semua yang telah kami uji. Terbuat dari satu bagian karet bertekstur matte, rumah-rumahnya menyediakan ruang yang cukup bagi Anda untuk memegang steker dengan kuat saat Anda mencolokkan dan mencabut steker, yang merupakan cara terbaik untuk menghindari keretakan dan kerusakan.


Komponen yang tidak penting, tetapi tidak kalah berharga, dari kabel ini adalah ikatan kait-dan-lingkar yang disertakan. Ikatan ini praktis dan mudah digunakan, memastikan bahwa kabel tidak akan terlepas di dalam tas Anda atau menjadi kusut di bawah meja Anda.

Tidak seperti kebanyakan kabel Lightning, kabel ini memiliki panjang 10 kaki yang mewah. Jika Anda sering mengisi daya ponsel jauh dari stopkontak—misalnya, saat berbaring di tempat tidur, bersantai di sofa, atau menghabiskan waktu di dekat gerbang bandara—panjang ekstra ini akan mengubah permainan.

Jika Anda lebih suka kabel yang lebih pendek, versi kabel sepanjang 3 kaki ini ramping dan ringkas, dan dapat digulung kecil agar pas di saku atau tas tangan. Demikian pula, versi sepanjang 6 kaki sangat cocok untuk dibawa dalam ransel atau tas kerja, atau untuk tetap diletakkan di desktop atau tempat pengisian daya di samping tempat tidur.

Ketiga versi tersedia dalam warna hitam atau putih, dan didukung oleh garansi seumur hidup Anker. Selain itu, saat tulisan ini dibuat, kabel sepanjang 3 kaki dan 6 kaki harganya lebih murah daripada kabel Apple—dan Apple tidak membuat kabel Lightning sepanjang 10 kaki.

Kekurangan tetapi bukan hal yang merugikan: Satu keluhan kami adalah Kabel USB-C ke Lightning Anker PowerLine II tidak setipis beberapa kabel lain yang kami uji, termasuk kabel Lightning Apple. Namun, karena kabel ini masih merupakan salah satu pilihan yang paling ringkas, dan mengungguli pesaingnya dalam segala hal, kami tidak keberatan dengan sedikit kelebihan beratnya.


Siapa yang harus membeli ini: Seseorang yang menginginkan kabel yang sama panjangnya dengan kabel yang telah kami uji, dapat mengisi daya perangkat bertenaga Lightning dengan kecepatan tinggi, dan bahkan lebih kokoh daripada Kabel USB-C ke Lightning Anker PowerLine II.

Mengapa hebat: Seperti kabel Lightning favorit kami untuk port USB-C, Kabel USB-C ke Lightning Nomad dengan Kevlar (10 kaki) dapat mengisi daya sebagian besar iPhone, AirPods, dan perangkat bertenaga Lightning lainnya secepat mungkin jika dipasangkan dengan pengisi daya dinding USB-C 18 W. Kabel ini bersertifikat MFi, dan dengan panjang 10 kaki, kabel ini dapat menjangkau sebagian besar sofa.

Casing kain biasanya tidak layak dibeli, tetapi kabel Nomad ini memiliki selubung yang paling kokoh dari semua kabel yang pernah kami lihat. Kabel ini terbuat dari bahan Kevlar tebal dengan jalinan ganda yang tampaknya tidak mudah aus atau tersangkut dibandingkan nilon yang lebih umum. Pengikat kabel karet yang disertakan dengan kabel Nomad ini juga lebih kuat daripada yang pernah kami lihat, dengan tonjolan tebal yang membuatnya tetap tertutup rapat sehingga kabel Anda tetap melingkar dengan aman.

Rumah kabel plastik kokoh, dengan tonjolan kecil di sepanjang kerah untuk menambah fleksibilitas. Dan seperti kabel PowerLine II Anker, kabel Nomad ini memiliki konektor logam yang pas di sebagian besar port Lightning dan USB-C.

Meskipun garansi lima tahun Nomad tidak sesuai dengan garansi seumur hidup Anker, cakupan kabel ini masih jauh lebih lama daripada sebagian besar kabel yang telah kami uji. (Terlepas dari itu, seperti dalam sebagian besar garansi "seumur hidup", Anker mengacu pada masa pakai kabel, bukan masa pakai manusia.)

Kekurangan tetapi bukan hal yang merugikan:

Karena kabel ini lebih panjang dan lebih kokoh daripada kabel lain yang telah kami uji, kabel ini kurang ringkas untuk disimpan di saku atau tas. Namun, jika Anda berencana untuk menyimpannya di satu tempat, atau jika Anda memiliki ruang lebih di dalam tas, hal itu tidak akan terlalu merepotkan.

Tampilan kabel taktis ini tidak cocok untuk semua orang, dan hanya tersedia dalam satu warna (hitam). Namun, menurut kami, kabel ini tetap terlihat apik dan serbaguna.

Siapa yang harus membeli ini: Seseorang yang menginginkan kabel pendek untuk menghubungkan dua perangkat kecil (satu dengan port USB-C, yang lain dengan port Lightning) yang berjarak kurang dari satu kaki.

Mengapa hebat: Kabel ini bersertifikat MFi, jadi akan berfungsi sama baiknya dengan kabel bermerek Apple lainnya, dan Anker mendukungnya dengan garansi seumur hidup. Dengan pengisi daya yang cukup kuat, kabel ini dapat mengisi daya perangkat bertenaga Lightning dengan kecepatan tinggi, mendukung daya hingga 18 W. Selongsong yang melindungi bagian dalamnya ramping dan fleksibel, dan casingnya memiliki tepi membulat dan tonjolan dangkal yang memberikan tekstur ekstra-cengkeram. Kabel ini dibuat dengan kokoh, dan meskipun ikatan tidak terlalu berguna dengan kabel sepanjang ini, kabel ini dilengkapi dengan ikatan kabel kait-dan-lingkar yang sama yang kami hargai pada pilihan kami yang lain, sehingga Anda dapat menyimpannya dalam lingkaran yang rapi. Kabel ini tersedia dalam warna hitam dan putih.

Kelemahan tetapi bukan hal yang menghalangi: Kabel ini lebih panjang dari yang kami inginkan untuk kategori ini, tetapi sangat sedikit kabel Lightning yang memenuhi kriteria kami yang lain yang panjangnya kurang dari satu kaki.


Siapa yang harus mendapatkan ini: Seseorang yang tidak memiliki akses ke pengisi daya dinding, bank daya, atau perangkat lain dengan port USB-C, dan yang dapat hidup tanpa mendapatkan pengisian daya secepat mungkin tetapi tetap menginginkan kabel yang bagus.

Mengapa hebat: Kabel USB-A ke Lightning Anker PowerLine II (10 kaki) adalah kabel USB-A ke Lightning terbaik yang pernah kami temukan. Kabel ini bersertifikasi MFi, jadi Apple telah mengonfirmasi bahwa kabel ini dapat mencapai kecepatan pengisian daya tertinggi (jika dipasangkan dengan pengisi daya yang dapat menghasilkan daya hingga 12 W) dan kecepatan transfer data USB 2.0 penuh (hingga 480 Mbps) dengan perangkat bertenaga Lightning milik perusahaan mana pun.

Kabel ini tersedia dalam berbagai panjang, sehingga nyaman untuk berbagai kebutuhan. Versi 1 kaki dan versi 3 kaki berukuran kecil dan cukup ringkas untuk dikemas dan dibawa bersama Anda.

Versi 6 kaki memiliki panjang yang pas untuk menjangkau stopkontak dinding ke meja, meja samping tempat tidur, atau meja dapur tanpa menambah kekacauan yang tidak perlu. Dan favorit kami, versi 10 kaki, menambah panjang lebih jauh untuk mengakomodasi stopkontak yang sulit dijangkau.

Seperti kembarannya yang memiliki fitur pengisian daya cepat USB-C, Kabel PowerLine II USB-A ke Lightning memiliki eksterior yang halus namun kuat, dan dilengkapi dengan pengikat kabel kait-dan-lingkar untuk menjaganya tetap melingkar dan teratur. Casingnya memiliki bentuk yang melengkung dan tekstur yang lembut dan matte, keduanya membuatnya nyaman dipegang saat Anda mencolokkan dan mencabut kabel. Konektor logam meluncur dengan mudah ke port yang sesuai, dan mempertahankan koneksi yang solid setelah dimasukkan.

Keempat konfigurasi panjang kabel ini tersedia dalam warna hitam dan putih. Kabel ini didukung oleh garansi seumur hidup Anker, dan harganya bahkan beberapa dolar lebih murah daripada saudaranya USB-C ke Lightning, saat tulisan ini dibuat.

Kekurangan tetapi bukan hal yang merugikan: Yang paling menonjol, Anda tidak mendapatkan pengisian daya secepat mungkin dengan kabel ini; kabel USB-C ke Lightning dapat mengisi daya sebagian besar iPhone hingga tiga kali lebih cepat. Namun, jika Anda belum memiliki pengisi daya dinding atau power bank dengan port USB-C pengisian daya cepat di rumah, atau jika Anda hanya ingin memiliki kabel USB-A ke Lightning untuk digunakan dalam keadaan darurat, kabel ini adalah pilihan terbaik Anda.

Perlu dicatat juga bahwa saat kami menjalankan kabel ini melalui Total Phase Advanced Cable Tester, kabel ini melaporkan kesalahan integritas sinyal (salah satu dari tiga jenis kesalahan yang dirancang untuk dideteksi oleh penguji). Namun, kesalahan tersebut muncul pada banyak kabel yang kami uji dengan perangkat ini, terutama yang panjangnya lebih dari 3 kaki (daya dan data harus menempuh jarak lebih jauh dengan kabel yang lebih panjang, yang dapat sedikit menurunkan sinyal) dan dampaknya pada kecepatan pengisian daya atau transfer data kemungkinan terlalu kecil bagi kebanyakan orang untuk menyadarinya.


Kami menjelajahi Amazon, Google Shopping, dan peritel besar lainnya untuk menemukan kabel Lightning yang paling banyak tersedia. Meskipun sebagian besar perangkat seluler baru diisi dayanya melalui USB-C, kabel Lightning masih diperlukan untuk mengisi daya banyak perangkat Apple, dan karena itu kabel tersebut masih dijual oleh ratusan merek.


Untuk mempersempit pilihan, kami mengabaikan kabel apa pun yang dibuat oleh perusahaan dengan kehadiran daring yang terbatas; menurut pengalaman kami, merek yang kurang mapan kesulitan untuk menyediakan stok produk mereka dan menyediakan dukungan pelanggan yang memadai. Ditambah lagi, kabel dari perusahaan terkenal sering kali harganya hanya beberapa sen lebih mahal.


Dari sana, kami mempersempit pencarian kami berdasarkan kriteria berikut:


Bersertifikat MFi: Ini adalah sertifikasi Apple yang menyatakan bahwa produk perusahaan pihak ketiga memenuhi standarnya, memastikan kinerja optimal dengan perangkat bertenaga Lightning dalam hal kemampuan pengisian daya dan transfer data.


Tersedia dalam berbagai panjang: Sebagian orang menyukai kabel yang pendek dan ramping untuk pengisian daya saat bepergian, dan sebagian orang lebih menyukai kabel yang lebih panjang yang dapat menjangkau dari pengisi daya dinding hingga sofa atau meja yang jauh. Kami mengharuskan setiap kabel tersedia dalam dua konfigurasi panjang atau lebih.

Garansi satu tahun (atau lebih lama): Untuk barang yang kemungkinan besar akan Anda gunakan setiap hari, garansi yang panjang adalah kuncinya. Kami pikir satu tahun adalah jumlah waktu minimum yang diperlukan bagi Anda untuk menentukan apakah kabel itu jelek dan apakah memenuhi kebutuhan Anda.

Pilihan warna yang beragam: Kami lebih suka, tetapi tidak mengharuskan, setiap pesaing menawarkan versi dalam lebih dari satu warna.

Terjangkau: Kami tidak memiliki batasan harga yang ketat, tetapi karena sebagian besar kabel harganya kurang dari $10, opsi yang harganya lebih mahal dari itu harus menawarkan beberapa fitur menonjol—garansi seumur hidup, selubung yang sangat kokoh—untuk meyakinkan kami untuk mempertimbangkannya untuk pengujian.

Berdasarkan pengujian kabel Lightning kami sebelumnya—kami mengirim 40 kabel ke mantan teknisi NASA, yang membongkarnya untuk memeriksa komponen internalnya—kami mengetahui bahwa hanya ada sedikit perbedaan dalam kemampuan pengisian daya atau transfer datanya. Setiap kabel Lightning bersertifikasi MFi yang dibuat untuk port USB-C harus mendukung daya pengisian hingga 18 watt (atau hingga 12 W jika dibuat untuk port USB-A) dan kecepatan transfer data USB 2.0 (hingga 480 Mbps).


Jadi, untuk putaran pengujian berikutnya, kami terutama berfokus pada kualitas pembuatan komponen utama kabel:


inti, yang mentransfer daya dan data melalui beberapa bundel kabel

konektor logam, yang dapat dicolokkan ke port perangkat elektronik Anda

casing, yang menempelkan badan kabel ke konektor di kedua ujungnya dan memberi Anda sesuatu untuk digenggam saat mencolokkan atau mencabut

selubung, yang membungkus badan kabel dengan bahan pelindung nonkonduktif

Pertama, kami menjalankan kabel melalui Total Phase Advanced Cable Tester, yang menguji integritas kabel dan sinyal, resistansi DC, dan kepatuhan terhadap spesifikasi USB. Kesalahan yang terdeteksi di lebih dari satu area ini akan menjadi penyebab kekhawatiran, tetapi dua tanda bahaya akan membuat kami mengabaikannya.


Selanjutnya, kami mencolokkan kedua ujung setiap kabel ke port yang sesuai di berbagai perangkat elektronik—power bank, pengisi daya dinding, iPhone SE, Magic Trackpad, dan Magic Keyboard—dan menggoyangkannya untuk melihat seberapa baik kabel tersebut tetap terpasang. Sambungan yang kuat diperlukan untuk mentransfer daya dan data secara efisien, jadi Anda harus mendapatkan sambungan yang cukup pas.


Untuk casing kabel, kami mencari perpaduan sempurna antara kekokohan dan kenyamanan. Mencolokkan dan mencabut kabel melibatkan berbagai gerakan—membengkokkan, memutar, mendorong, dan menarik—yang memberi banyak tekanan pada casing. Karena itu, casing sering kali menjadi bagian pertama kabel yang putus. Dan meskipun dibuat untuk bertahan lama, casing yang kecil atau bermata tajam dapat membuat mencolokkan kabel terasa seperti pekerjaan berat (terutama jika Anda memiliki masalah kekuatan, fleksibilitas, atau ketangkasan tangan yang disebabkan oleh sindrom terowongan karpal, osteoartritis, atau berbagai kondisi lainnya), jadi kami sangat memperhatikan ukuran, bentuk, dan teksturnya dalam pengujian kami.


Untuk menguji setiap selubung kabel, kami menggunakan pita pengukur kecil untuk mengukur dan membandingkan ukuran kelilingnya. Semakin panjang kabel, semakin besar ukurannya, karena daya dan data harus menempuh jarak yang lebih jauh. Namun, pada saat yang sama, kabel yang ramping, fleksibel, dan ramping lebih mudah digulung dan disimpan di dalam tas atau laci. Jadi, kami mencari kabel yang paling sesuai dengan panjang dan portabilitas. Kami juga menggaruk dan mencungkil permukaan kabel yang lembut dan tertutup kain dengan kuku jari kami untuk melihat apakah ada benang yang bisa ditarik lepas.


Terakhir, beberapa kabel dilengkapi aksesori (seperti pengikat kabel kait-dan-lingkar agar tetap melingkar rapi) atau memiliki fitur yang menonjol (seperti lampu kecil untuk memberi tahu Anda saat perangkat Anda sedang diisi daya). Dalam kasus ini, kami mencoba menilai apakah aksesori atau fitur tersebut secara signifikan meningkatkan pengalaman pengisian daya kami secara keseluruhan.

Baca Juga
Tedbree Logo
RHMN ID FIXER Biasanya membalas dengan cepat
Halo, Ada yang bisa kami bantu? ...
Kirim