Kesehatan Baterai iPhone: Yang Perlu Anda Ketahui

 


Berikut ini hal-hal yang perlu Anda ketahui tentang kesehatan dan performa baterai dalam berbagai situasi.

iPhone hanya berguna jika baterainya awet. Sejak iPhone pertama, pengguna telah bertukar kiat tentang cara mengoptimalkan masa pakai baterai iPhone dan masa pakai baterai dari waktu ke waktu untuk mendapatkan performa yang lebih baik dari setiap pengisian daya. Kami telah belajar banyak tentang baterai ponsel dari kerja sama untuk membuat iPhone bertahan lebih lama, tetapi pada akhirnya, penting untuk mengetahui kapan harus mengganti baterai iPhone Anda. Jika Anda memerlukan pemecahan masalah karena iPhone Anda lambat atau tidak mengisi daya sama sekali, baca artikel kami untuk solusi tersebut terlebih dahulu.


Itulah sebabnya Apple memperkenalkan fitur Kesehatan Baterai iPhone yang telah menjadi perlengkapan tetap dalam pengaturan perangkat iOS. Hari ini, kami akan membahas fitur Kesehatan Baterai, cara mendapatkan performa baterai iPhone terbaik, dan kapan harus mengganti baterai iPhone Anda. Jika Anda tidak ingin meningkatkan kesehatan baterai, mempertimbangkan untuk meningkatkan perangkat Anda, Anda juga dapat menjual iPhone Anda kepada kami.

Apa itu Kesehatan Baterai iPhone? iPhone Battery Health adalah fitur yang ditambahkan dalam iOS versi 11.3, yang dirilis pada tahun 2018. Jika ponsel Anda belum versi 11.3 atau lebih tinggi, maka inilah saatnya untuk memperbarui perangkat lunak Anda. Fitur Battery Health dapat ditemukan di menu Pengaturan dan akan memberi Anda informasi dasar yang berguna tentang kesehatan dan kinerja baterai iPhone Anda secara keseluruhan.

Dari dasbor iPhone Battery Health, Anda dapat memantau baterai ponsel Anda untuk membantu mengoptimalkan kinerja dan mengidentifikasi waktu yang tepat untuk mengganti baterai iPhone Anda.

Tiga item dasbor di alat Battery Health Anda adalah Kapasitas Maksimum, Kemampuan Kinerja Puncak, dan tombol untuk Mengoptimalkan Pengisian Baterai


Kapasitas Maksimum

Kapasitas maksimum adalah efisiensi baterai Anda sejak ponsel Anda keluar dari pabrik. Baterai biasanya kehilangan efisiensinya seiring waktu, yang menjelaskan mengapa baterai ponsel lama akan semakin sedikit dayanya.

Kinerja ponsel yang optimal adalah antara 100% dan 80% kapasitas maksimum.


Kemampuan Kinerja Puncak

Sering kali, ini akan menyertakan pesan yang mengatakan iPhone Anda mampu mencapai kinerja puncak. Terkadang, jika Anda baru saja mengalami crash, Anda mungkin melihat pesan yang mengatakan baterai Anda "tidak dapat memberikan daya puncak yang diperlukan." Pesan kedua berarti ponsel Anda telah secara otomatis mengaktifkan manajemen kinerja, dan baterainya harus segera diganti.

Pengisian Baterai yang Dioptimalkan

Mengaktifkan opsi ini akan mencegah ponsel Anda mengisi daya lebih dari 80% untuk melindungi baterai dan meningkatkan masa pakai baterai Anda secara keseluruhan. Opsi ini ideal jika ponsel Anda diisi daya hampir sepanjang waktu, dan jika Anda ingin mengisi daya semalaman, tetapi dapat dinonaktifkan jika Anda berencana untuk bepergian dan memerlukan daya 100% saat Anda berangkat.

Cara Memeriksa Kesehatan Baterai iPhone Anda

Pengaturan > Kesehatan Baterai.

Anda dapat menemukan dasbor Kesehatan Baterai iPhone dengan membuka Pengaturan iPhone. Kemudian gulir ke bawah hingga Anda melihat Kesehatan Baterai dan pilih opsi ini. Ini akan menunjukkan beberapa informasi dasar dan Anda dapat mengetuk untuk menyelidiki lebih lanjut atau mengubah pengaturan kinerja baterai Anda.


Apakah 75% Secara Keseluruhan Merupakan Kesehatan Baterai yang Baik?

Ya dan Tidak

Saat melihat halaman Kesehatan Baterai Anda, faktor yang paling jelas adalah persentase Kapasitas Maksimum. 100% adalah kondisi baru dari pabrik, dan iPhone dapat berjalan sangat baik dengan baterai dengan kinerja serendah 80% dalam Kapasitas Maksimum.

Jika kesehatan baterai iPhone Anda turun hingga 75% atau di bawahnya, kinerjanya akan tetap baik. Namun, Anda dapat mengharapkan penurunan lebih lanjut dan mungkin melihat angka yang lebih rendah dan kinerja yang lebih buruk dalam waktu dekat.


Persentase Kesehatan Baterai untuk Mengganti Baterai iPhone, Menurut Apple

Pada persentase Kesehatan Baterai berapa Anda harus mengganti baterai iPhone Anda? Anda akan mulai melihat penurunan kinerja yang signifikan antara 75% dan 60%.

Jika persentase kesehatan baterai iPhone Anda turun di bawah 80% dalam jangka waktu garansi Anda – biasanya sekitar satu tahun – maka Apple akan mengganti baterainya.


Berapa Lama Baterai iPhone Dapat Bertahan

Baterai iPhone baru berkapasitas 100%-80% dapat menyimpan daya selama 8-20 jam, tergantung pada cara penggunaannya. Jika ditaruh di saku Anda, baterai ini dapat bertahan sepanjang hari. Jika digunakan untuk bermain game dan menonton film, baterai ini akan bertahan sekitar sepertiga hari tanpa sumber daya.

Biasanya diperlukan waktu sekitar dua tahun sebelum Anda mulai melihat penurunan signifikan dalam kinerja baterai iPhone. iPhone yang jarang digunakan dengan perawatan baterai yang baik dapat mempertahankan baterai aslinya hingga lima tahun, dan penggunaan berat atau pengisian daya yang konstan secara ekstrem dapat memerlukan penggantian baterai iPhone lebih awal. Jika Anda merasa bahwa tidak ada baterai yang dapat membuktikan kesehatan perangkat Anda, Anda juga dapat menjual perangkat Anda kepada kami.


Tips Memperpanjang Daya Tahan Baterai iPhone

Bagaimana cara memaksimalkan kinerja baterai iPhone?

Hindari pengisian daya penuh atau pengurasan daya penuh

Jangan mengisi daya semalaman

Gunakan layar yang redup

Matikan layanan lokasi

Aktifkan Pengisian Daya Baterai yang Dioptimalkan

Gunakan pengisi daya Apple asli atau yang disetujui

Tutup aplikasi dan fitur yang tidak digunakan

Hindari suhu ekstrem

Gunakan casing ponsel yang tepat

Pastikan perangkat lunak Anda selalu diperbarui

Ganti baterai tepat waktu


Apakah AppleCare+ Menanggung Penggantian Baterai?

Jika Anda masih memiliki AppleCare+ saat baterai iPhone Anda turun di bawah 80% kapasitas maksimum, maka ya. Penggantian baterai Anda dapat dan mungkin harus disertakan dalam cakupan garansi AppleCare+.

Jika iPhone Anda sudah tidak bergaransi, Anda harus mengirimkannya ke lokasi perbaikan terdekat dan/atau mengunjungi toko Apple, biaya perbaikannya akan mencapai $89. Anda mungkin juga akan dikenakan biaya untuk perbaikan tambahan yang dilakukan, atau diharuskan untuk memperbaiki ponsel selain baterai sebelum mengirimkannya.


Bagaimana Cara Mengganti Baterai iPhone Saya?

Jika Anda yakin dengan perbaikan ponsel dan memiliki perlengkapan perbaikan iPhone (obeng kecil, rangka terpisah, dll.), maka Anda dapat mengganti baterai iPhone sendiri. Namun, hal ini tidak disarankan untuk teknisi yang tidak berpengalaman. iPhone itu rapuh dan hanya membuka casingnya saja dapat membahayakan komponen Anda. Terutama jika baterai iPhone Anda menggelembung!

Anda perlu melepas sekrup kecil dengan hati-hati, mencungkil casing, mengangkat tab pengaman dengan hati-hati, menggunakan pinset untuk mencabut tab penarik, dan terakhir mengangkat baterai. Menggantinya memerlukan pemasangan ulang yang sama rumitnya.

Untuk informasi lebih lanjut tentang cara mendapatkan kinerja terbaik dari baterai iPhone Anda dan kapan harus menggantinya, lihat artikel mendalam kami, “Saat iPhone Anda Tidak Mau Bekerja Sama: Solusi untuk Layar yang Beku atau Tidak Responsif.”

Baca Juga
Tedbree Logo
RHMN ID FIXER Biasanya membalas dengan cepat
Halo, Ada yang bisa kami bantu? ...
Kirim